Cara Membersihkan Aquarium

Cara Membersihkan Aquarium

taugalo.com

Cara membersihkan akuarium sebenarnya cukup mudah dan tidak butuh tenaga banyak. Anda juga tidak membutuhkan keahlian dan peralatan khusus seperti pembersih akuarium elektronik.

Cukup dengan mencuci akuarium menggunakan bahan alami. Lebih mudah, hemat dan sederhana.

Kebutuhan akan akuarium di dalam rumah selain untuk mempercantik ruangan juga untuk menghidupkan suasana tenang dan nyaman akan suara gemericik air yang mengalir.

Ketenangan di dalam rumah tangga sangat dibutuhkan untuk kesehatan jiwa setelah Anda lelah menjalani aktifitas kehidupan sehari – hari. Jiwa yang sehat dengan pikiran yang jernih di dalam rumah tangga, menurut pakar psikolog pernikahan, dapat menjadi pondasi kokoh dalam membangun keharmonisan keluarga.

Demi terciptanya suasana tenang yang menjernihkan pikiran, bisa dimulai dari mengerjakan hobi yang menyenangkan seperti memelihara ikan hias dalam akuarium ini.

Keindahan bentuk ikan dengan corak warna kulit yang berwarna – warni, sepintas dapat menjadi obat penawar mata lelah ditambah dengan sorotan lampu akuarium yang diikuti suara gemiricik air mengalir sebagai alunan musik, berhasil melepaskan hormon endorfin dalam tubuh sehingga Anda menjadi lebih rileks dan mood bahagia akan terbentuk.

Lalu, bagaimana bila obat penawar lelah Anda ini mengalami gangguan seperti, kolam akuarium yang kotor, kaca berkerak dan air kolamnya meninggalkan bau kurang sedap?

Tentu, Anda akan terangsang emosinya untuk segera membersihkan kaca penuh kerak atau noda membandel , membuang air akuarium dan menggantinya dengan yang baru.

Alasan mengapa Anda perlu membersihkan akuarium karena ikan akan sulit mendapatkan oksigen dan bernapas pada air kolam yang keruh. Banyaknya kotoran sisa makanan dan kotoran ikan pada kolam akuarium mempengaruhi kemampuan air dalam menyimpan oksigen.

Selain itu, kotoran yang menumpuk ini akan memunculkan alga atau lumut yang bila dibiarkan berlarut – larut mati dalam akuarium dapat menyerap oksigen tanpa menyisakannya untuk penghuni akuarium lain.

Bila Anda tidak ingin ikan hias koleksi Anda mati sia – sia, mulai sekarang Anda tidak boleh malas membersihkan akuarium.

Berikut 8 Cara Membersihkan Aquarium

Dengan tidak membutuhkan waktu lama, mudah, tidak ribet dan bisa Anda praktekkan dirumah :

Cara Membersihkan Aquarium Tanpa Memindahkan Ikan

Cara Membersihkan Aquarium
Disini Anda perlu memperhatikan suhu air dalam akuarium. Perubahan suhu air yang tiba – tiba membuat ikan menjadi stres dan berujung pada kematian.

Oleh sebab itu, jangan mengagetkan ikan dengan selang penyedotan yang dapat membuat riak air akuarium.

Lain hal bila kondisi akuarium sering Anda bersihkan, anda cukup mengganti 15 % air dalam akuarium selama satu kali dalam sebulan.

Namun bila Anda ingin mengganti air akuarium dua bulan sekali, maka cukup ganti 25 – 50 % air akuarium dan jangan menguras bersih air akuarium yang lama.

Cara Membersihkan Akuarium Menggunakan Magnet Pembersih Akuarium

Magnet Cleaning
Anda bisa beli di toko penjual ikan hias dan akuarium juga di toko online dengan nama produk magnet pembersih akuarium.

Magnet pembersih akuarium ini dibedakan menjadi tiga tipe, yakni untuk ketebalan kaca 5mm, 10mm dan 15mm. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp.30.000 hingga Rp. 80.000.

Magnet pembersih akuarium ini sangat membantu sekali dalam menyedot kotoran yang menempel di dasar akuarium, sela – sela dekorasi serta kaca akuarium bagian dalam. Model alat bantu ini hampir mirip seperti penghapus papan tulis dengan sisi bagian atas dan bawah yang dilengkapi magnet.

Cara kerjanya pun terbilang mudah. Anda cukup menempelkan kedua magnet ini secara terpisah di bagian kaca dalam dan luar akuarium. Pastikan terlebih dulu bila tidak ada pasir akuarium yang ikut menempel di magnet karena dapat menggores kaca.

Lalu gerakkan magnet bagian kaca luar ke seluruh penjuru kaca yang hendak dibersihkan dari lumut, dengan begitu secara otomatis magnet bagian dalam akan mengikuti gerakan magnet bagian luar sehingga kaca bersih dengan cepat.

Hindari menggerakkan magnet yang terlalu dekat dengan dasar dari akuarium supaya pasir tidak ikut tertarik. Setelah semua kotoran di kaca dan dasar akuarium terangkat semua, sedot air akuarium hanya 15% bila Anda rajin mengganti air akuarium sebulan sekali dan sedot 25% – 50% bila Anda mengganti air akuarium setiap 2 bulan sekali.

Perawatan akuarium dengan cara sederhana seperti ini lebih mudah dikerjakan, tidak membutuhkan banyak alat, proses pengerjaan yang cepat juga ikan tidak terganggu kesehatannya.

Cara Membersihkan Akuarium Yang Berkerak

Anda bisa membersihkan kerak kaca akuarium dengan mengosongkan akuarium terlebih dahulu. Lalu cukup dengan menggunakan bahan – bahan yang ada di sekitar untuk membersihkannya, seperti :

Kertas Koran, Pasta gigi, dan Kawat Kasa

Cara Melakukan:

  1. Kaca yang hendak dibersihkan dibasahi dengan air bersih terlebih dahulu
  2. Oleskan pasta gigi pada kaca yang berkerak, lembab dan berjamur .
  3. Gosok kaca perlahan dengan kawat besi sampai kerak benar – benar terangkat dan diamkan selama 15 menit.
  4. Bersihkan sisa kotoran kerak dengan air keran mengalir dan bilas sampai bersih lalu oles kembali dengan pasta gigi bila dirasa ada kerak yang tertinggal, selanjutnya gosok kembali dengan kawat kasa hingga benar – benar tidak ada kerak dan jamur sama sekali.
  5. Langkah terakhir, basahi kertas koran dengan air, tapi jangan terlalu basah, lantas gosok di permukaan kaca akuarium, supaya sisa pasta gigi terangkat semua.
  6. Setelah dirasa bersih dan tidak ada sisa kotoran pasta gigi sama sekali, siram sekali lagi dengan air bersih mengalir lalu keringkan akuarium di bawah sinar matahari. Dan akuarium siap dipakai.
    Cara yang Anda praktekkan ini, bisa juga digunakan untuk membersihkan lampu mobil yang mulai menguning dan berjamur.

Amplas Halus dan Cairan Sabun Pembersih Piring

Cara Melakukan:

  1. Siapkan amplas halus yang bisa dibeli di toko bahan bangunan juga cairan sabun pembersih piring.
  2. Sebelumnya cuci dengan air mengalir dahulu akuarium yang hendak kita bersihkan supaya bau kurang sedap karena ikan dari dalam akuarium juga ikut menghilang.
  3. Oleskan cairan sabun pembersih piring ini merata ke semua kaca akuarium yang berkerak .
  4. Setelah merata, gosok perlahan dengan amplas halus sampai kerak benar – benar menghilang dan kaca bersih mulus jika diraba.
  5. Ulangi proses ini hingga kaca berkerak berhasil dibersihkan.

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan untuk membersihkan kaca akuarium yang berkerak. Langkah – langkah ini bisa digunakan untuk kaca akuarium berbahan kaca, akrilik maupun plastik. Anda bisa mulai mencobanya dirumah.

Untuk hasil pengerjaan yang sempurna Anda bisa menambahkan mata cutter untuk kondisi kerak yang sangat tebal, kasar dan susah dihilangkan meski pakai kawat kasa atau amplas halus sekalipun.

Cara membersihkan akuarium yang berkerak ini selain sangat mudah dilakukan, bahan yang diperlukan juga tersedia di sekitar Anda.

Cara Membersihkan Akuarium Yang Berlumut

Cara Membersihkan Aquarium
Anda bisa membersihkan akuarium yang berlumut dengan langkah berikut, tanpa harus keluar biaya mahal dengan mengganti akuarium lama ke yang baru. Langkah ini bila diterapkan dengan pembersihan secara berkala, dijamin akuarium Anda akan awet dan tahan lama juga terhindar dari masalah kerak yang membandel.

Dengan Air Cuka

Cara Melakukan:

  1. Siapkan air cuka.
  2. Pindahkan ikan yang berada di dalam akuarium ke wadah cadangan atau ember berisi air bersih.
  3. Buang air lama yang berada di dalam akuarium, cuci bersih dengan air mengalir lalu keringkan.
  4. Tuangkan cuka pada kain berbahan kaos dan gosok pada kaca akuarium yang berlumut dengan kuat.
  5. Raba permukaan kaca, jika masih berasa ada lumut, ulangi aktifitas ini hingga Anda benar – benar mendapatkan kaca yang bersih dari lumut.

Dengan Asam Kuat HCL atau h2so4

Anda bisa mendapatkannya di toko bahan Kimia.

Cara Melakukan:

  1. Siapkan asam kuat hcl dan h2so4 dan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda
    amankan terlebih dahulu ikan yang berada di dalam akuarium ke dalam ember berisi air bersih.
  2. Cuci wadah akuarium bekas air lama dengan air mengalir hingga bersih, lalu keringkan di bawah matahari.
  3. Tuang cairan asam kuat hcl dan h2s04 pada kain berbahan kaos dan gosok kuat pada permukaan kaca yang berlumut.
  4. Cairan asam kuat jangan sampai terkena kulit tangan sebab bisa membuat gatal yang tak berkesudahan.
  5. Raba permukaan kaca akuarium, jika sudah mulus tanpa lumut, bilas akuarium tersebut dengan air mengalir.

Cara Membersihkan Aquarium Berbahan Akrilik

Cara Membersihkan Aquarium
Dengan Kanebo Basah

Anda cukup menyiapkan kanebo yang biasa digunakan untuk membersihkan motor atau mobil, lalu basahi kanebo dan lap pada kaca akuarium yang berlumut dalam keadaan akuarium masih basah setelah dibersihkan.

Lakukan aktifitas ini seminggu sekali untuk hasil kaca yang cemerlang seperti televisi beresolusi HD.

Dengan Wax atau Silicon Glace

Oleskan wax atau silicon glace pada permukaan kaca akuarium yang buram untuk hasil kaca yang bersih mengkilap layaknya beli baru.

Dengan Amplas Halus

Kondisi permukaan kaca yang buram, berkerak tebal juga penuh goresan pada kaca akrilik bisa Anda perbaiki dengan mengamplasnya perlahan dengan amplas halus. Lalu poles dengan dengan wax sebagai hasil akhir. Dijamin kaca kembali bening tanpa goresan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan kaca akuarium berbahan kaca maupun akrilik. Langkah – langkah ini sangat mudah diterapkan dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang besar.

Kondisi akuarium yang bersih, ikan hias sehat dengan tampilan kaca bening berkilau, sangat cocok diletakkan pada ruang tamu rumah minimalis untuk tampilan kesan yang menyejukkan.

Tidak perlu repot menata rumah dengan membuat taman penuh kolam ikan hias yang memakan biaya mahal untuk perawatan. Dengan akuarium penuh ikan hias, Anda lebih menghemat listrik untuk menciptakan gelembung oksigen daripada kolam ikan besar dengan lampu penerangan di sekitarnya.

Semoga tips dalam merawat kaca akuarium berbahan kaca dan akrilik ini bermanfaat untuk Anda, juga bisa dipraktekkan sebagai lahan untuk berbisnis dan pembuka pintu rejeki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *